Matryoshka: Pekerjakan orang-orang besar


Hire Big People: Pekerjakan orang-orang besar

Akhir-akhir ini, dengan tuntutan pekerjaan yang semakin besar dan kompetitif, saya merasa  memerlukan orang-orang yang lebih berkompeten dan lebih pintar dari saya.  Sebagai seorang team leader, saya tidak selalu melakukan hal-hal yang pintar dan excellent di segala situasi. Dan saya menyadari bahwa siklus produksi tidak bisa menunggu waktu terlalu lama untuk menyelesaikan algoritma yang harus cepat dipecahkan, atau volume pekerjaan yang besar tidak bisa hanya diselesaikan dengan pendekatan yang bersifat rutin, dan dari orang-orang yang routine-based mindset.  

Terkadang juga saya merasa bahwa ada riset-riset critical yang menentukan rupa dan kualitas dari produk perusahaan pada fase berikutnya, dan firasat saya mengatakan kami memerlukan lebih banyak energi kreatif. Untuk itulah saya memerlukan orang yang lebih pintar.  Tentu saja, saya tidak akan menitipkan mimpi-mimpi dan kreatifitas pada sekelompok mediocre, yang harus terus menerus disuapi dan didorong-dorong.

Am I alone and lonely in the town?
Tidak!
Saya mendapatkan hal ini dari David Ogilvy, nama besar dalam bisnis advertising, setidaknya menurut saya, karena saya pernah satu gedung* dengan sebuah agency dimana ada segerombolan orang aneh yang bangga dengan stempel ogilvy di bagian depan kaus mereka.

Alkisah, untuk memberikan pesan yang kuat terhadap teamnya di Ogilvy & Mather, tentang membangun organisasi, dia membagikan sebuah boneka Rusia. Mungkin Anda tahu, boneka yang apabila dibuka, maka kita bisa menemukan boneka yang lebih kecil lagi, begitu seterusnya, sampai yang terkecil.  Ya, itu dia: Matryoshka. Pada boneka yang paling kecil, David menyelip sebuah note: " Apabila kita mempekerjakan orang yang lebih kecil daripada kita, maka kita akan menjadi perusahaan para kurcaci. Apabila kita mempekerjakan orang yang lebih besar dari kita, maka kita akan menjadi perusahaan raksasa.."


Orang-orang dengan ide dan energi besar akan bisa membuat perusahaan besar.

Sebuah adagium yang menarik, dan tentunya memerlukan beberapa hal lainnya agar berjalan dengan baik.

2 comments:

  1. artikel menarik..., ijin share ya pak, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membaca, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan.. terima kasih atas perhatiannya.

      Delete