Menjaga Komitmen Tim Bukan Hanya Tugas Team Leader

Salah satu hal yang penting dalam  project yang bersifat mission critical ialah memastikan anggota tim tetap commit dan loyal sepanjang masa proyek.
Dan hal ini tidak mudah. Memastikan programer tetap di tempatnya, bukan hanya tugas Team Leader, tetapi merupakan tugas keseluruhan Project Member, Stakeholder dan Top Level Management.

Team Leader bisa saja sepanjang waktu memotivasi team untuk stays on the track, keep up the good work.  Tetapi stakeholder harus mendukungnya langsung dan tidak langsung.
Seperti lazimnya tanaman di atas pot, Anda bukan hanya harus memastikan pot berisi cukup air dan gizi, semua hal yang berada di luar pot juga menentukan katakanlah hal-hal seperti sirkulasi udara,  intensitas sinar matahari, dan semua hal di sekitar pot tersebut.  Semua faktor tersebut harus dikelola menjadi good exposure, hidup  seperti orkestra yang harmonis untuk menjadi media tumbuhnya produktivitas. Team Leader adalah faktor di dalam pot, stakeholder adalah faktor di luar pot. Keduanya harus seiring seirama.

Salah satu contoh cukup jelas ialah ketika Team Leader mengatakan bahwa perusahaan sangat mengapresiasi kinerja tim, maka pada saat yang sama tim harus mempunyai proyeksi dari situasi nyata  bahwa perusahaan adalah tipe yang apresiatif. Ketika Team Leader berjuang mengatakan kepada anggota yang skeptis bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kerja keras dan biasa saja bagi mereka, dan mereka mulai mempengaruhi kiri kanan. Ternyata beredar kabar di email bahwa perusahaan  menunda bonus yang  semula dijanjikan apabila sejumlah deliverable tercapai, dengan alasan yang tidak jelas. 

Sangatlah penting apa yang ditampilkan secara positif oleh Team Leader adalah apa yang sesungguhnya terjadi di perusahaan saat ini.  wid@20110831

No comments:

Post a Comment